credit: pixabay.com |
A. Pengertian Lesson Study
Banyak
orang yang mengartikan mengenai lesson study, dibawah ini merupakan definisi
menurut para ahli :
1. Lesson
study sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian
pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip
kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.
(Slamet Mulyana ; 2007)
2.
menurut Catherine Lewis (2002) menyebutkan bahwa:“lesson
study is a simple idea. If you want to improve instruction, what could be more
obvious than collaborating with fellow teachers to plan, observe, and reflect
on lessons? While it may be a simple idea, lesson study is a complex process,
supported by collaborative goal setting, careful data collection on student learning,
and protocols that enable productive discussion of difficult issues”.
3. Lesson
study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian
pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip
kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Sumar
Hendayana, dkk, 2009: 5).
4. Lesson
study adalah suatu proses kolaboratif pada sekelompok guru ketika
mengidentifikasikan masalah pembelajaran, merancang suatu skenario pembelajaran
(yang meliputi kegiatan mencari buku dan artikel mengenai topik yang akan
diajarkan); membelajarkan peserta didik sesuai dengan skenario (salah sorang
guru melaksanakan pembelajaran sedangkan yang lain mengamati), mengevaluasi dan
merevisi skenario pembelajaran, membelajarkan lagi skenario pembelajaran yang
telah direvisi, mengevaluasi lagi pembelajaran dan membagikan hasilnya dengan
guru-guru lain. (Styler dan Hiebert (Susilo, 2009; 3))
Jadi dari definisi para ahli
diatas dapat disimpulkan bahwa Lesson study adalah suatu proses pembinaan yang
dilakukan secara kolaboratif (kolaborasi) dan berkesinambungan (berkelanjutan)
oleh sekelompok guru dalam dunia pendidikan guna meningkatkan proses
pembelajaran.
B.
Ciri
– Ciri Lesson Study
Berdasarkan hasil
observasi pada beberapa sekolah di Jepang, Catherine Lewis (2004) mengemukakan
tentang ciri-ciri essensial dari Lesson Study, yaitu :
1. Tujuan
bersama untuk jangka panjang. Lesson study bertujuan untuk meningkatkan tujuan
bersama dari para guru dalam kurun waktu yang panjang.
Misalnya : pengembangan
kemampuan akademik siswa, pengembangan kemampuan individual siswa, pengembangan
pembelajaran yang menyenangkan, dan sebagainya.
2. Materi
pelajaran yang penting. Lesson study lebih fokus pada materi pelajaran yang
dianggap penting dan materi yang sulit untuk dipelajari oleh siswa.
3. Pembelajaran
tentang siswa secara cermat, maksudnya disini yaitu pembelajaran yang berfokus dalam
pengembangan yang dilakukan siswa.
Misalnya : apakah siswa
menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam
kelompok kecil.
4. Observasi
pembelajaran secara langsung. Untuk menilai kegiatan pembelajaran dan
pengembangan tidak hanya dilakukan dengan mendengarkan atau dari rencana
pembelajaran namun harus dilakukan juga pengamatan secara langsung.
C.
Kelebihan
dan Kekeurangan
v Kelebihan
lesson study yaitu sebagai berikut :
1. Peran
guru dapat berubah-ubah, maksudnya antara guru yang satu dengan guru yang lain,
antara pengamat satu dengan pengamat yang lain, dan antara guru dengan pengamat
dapat saling bertukar peran di lain waktu.
2. Metode
ini dapat diterapkan pada semua bidang mata pelajaran.
3. Dapat
dilaksanakan pada setiap tingkat kelas
v Selain
memiliki kelebihan lesson study juga memiliki kekurangan, diantaranya sebagai
berikut :
1. Sering
menimbulkan perbedaan pendapat antara guru satu dengan guru yang lain
2. Saat
membuat keputusan guru jarang mengajukan diri sebagai penyaji karena sebagai
penyaji harus menyiapkan sendiri pembelajaran yang tidak biasa dilakukannya
D.
Manfaat
Lesson Study
1. Menciptakan
sikap keakraban dan kekeluargaan antara sesama guru.
2. Memeberi
peluang bagi guru untuk memecahkan berbagai masalah dan menciptakan solusinya
secara bersama – sama serta saling bertukar pengalaman.
3. Memberikan
kesempatan bagi guru untuk dapat membuat perencanaan pembelajaran secara
bersama-sama dan mempraktekan hasil kerjanya.
4. Membuat
guru menjadi lebih profesional dalam mengajar sehingga menciptakan suasana
belajar yang kondusif bagi peserta didik sebagai tujuan menciptakan peserta
didik yang terbaik demi masa depan indonesia.
E. Tahapan Lesson Study
No
|
Tahapan
|
Penjelasan
|
1.
|
Tahapan
Perencanaan (plan)
|
Para
guru berkolaborasi untuk menyusun RPP, perencanaan diawali dengan kegiatan menganalisis
kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran serta menentukan
secara bersama solusi pemecahan masalahnya.
|
2.
|
Tahapan Pelaksanaan
|
· Guru
mempraktikkan RPP
· Pengamatan
yang dilakukan oleh kepala sekolah atau yang lainnya.
Beberapa hal yang
harus diperhatikan dalam tahapan pelaksanaan :
·
Guru melaksanakan pembelajaran
sesuai RPP
·
Siswa diupayakan menjalani proses
pembelajaran yang natural
·
Selama pembelajaran berlangsung,
pengamat tidak boleh mengganggu pembelajaran.
·
Pengamat harus teliti dalam
mengamati pembelajaran
·
Pengamat mengamati bukan untuk
mengevaluasi guru
·
Pengamat melakukan pencatatan tentang perilaku
belajar siswa selama pembelajaran berlangsung
|
3.
|
Tahapan
Refleksi (check)
|
Dilakukan
dalam bentuk diskusi yang dilakukan oleh para guru dengan pengamat, kepala
sekolah, atau lainnya. Dimulainya diskusi yaitu dengan penyampaian
kesan-kesan guru yang telah mempraktikkan RPP. Selanjutnya para pengamat
menyampaikan tanggapan atau saran terhadap proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
|
4.
|
Tahapan
Tindak Lanjut
|
Dari
hasil refleksi diperolehlah pengetahuan baru yang berguna untuk memperbaiki
atau meningkatkan proses pembelajaran.
|
0 comments:
Posting Komentar